Kecerdasan beradaptasi, salah satu kunci kesuksesan di masa depan?

illustasi mengenai kerdasan adalam beradaptasi

Biasanya ketika mengukur kecerdasan seseorang menggunakan IQ atau EQ. Yaitu Intelligent Quotien dan Emotional Quotien. Padahal ada satu lagi kecerdasan yang ada dalam diri seseorang yang bisa sangat diperlukan untuk menggapai goals atau cita-cita kalian.

Apa itu?

AQ atau Adaptibility Quotien adalah cara mengukur seseorang dalam beradaptasi dengan lingkungannya.

Mengapa hal ini penting? Karena kemampuan ini adalah untuk menyesuaikan diri dan tumbuh di tengah lingkungan yang seringkali berubah-ubah dengan cepat.

AQ sendiri melibatkan fleksibilitas, rasa ingin tahu, keberanian, keuletan dan juga keterampilan seseorang dalam memecahkan masalah.

Seiring perubahan masyarakat, apakah mungkin AQ menjadi faktor kesuksesan yang lebih krusial ketimbang IQ? Jika ya, bagaimana cara mengenalinya – dan apakah ada cara khusus untuk mengasah AQ agar menjamin karier kita di masa depan?

AQ bukan hanya kapasitas seseorang untuk menyerap informasi, tetapi juga kemampuan untuk menyortir apa yang relevan, mau belajar lagi dari nol, dan mengatasi tantangan. Yang paling penting, orang dengan AQ yang baik akan melakukan langkah nyata untuk ikut berubah. AQ melibatkan sikap yang fleksibel, rasa ingin tahu, keberanian, ketahanan, dan kemampuan menyelesaikan masalah. Singkatnya, AQ adalah kecerdasan untuk beradaptasi menghadapi berbagai perubahan di lingkungan kerja.

Maka, penting untuk kita sekarang mengembangkan kemampuan IQ.EQ, dan AQ ini.

Bagaimana caranya?

Misalnya kalian melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. IQ Anda membuat kalian lolos dari proses pemeriksaan dan memenuhi persyaratan, lalu EQ membantu kalian lebih terhubung dengan pewawancara kerja, lantas mendapatkan pekerjaan itu dan membangun hubungan dengan para klien dan kolega.

Lalu, ketika sistem yang ada berubah, atau sejumlah aspek pekerjaan diotomatisasi, kalian perlu AQ untuk bisa mengakomodasi inovasi tersebut dan beradaptasi dengan cara-cara baru dalam mengerjakan tugas yang ada.

Ketiga jenis kecerdasan tadi saling melengkapi karena ketiganya membantu kalian mampu menyelesaikan permasalahan dan oleh karenanya beradaptasi. Kandidat yang ideal memiliki ketiga-tiganya, tapi tidak semua orang seperti itu.

Maka, pastikan alian memiliki nilai tambah dengan memiliki AQ ini.

One thought on “Kecerdasan beradaptasi, salah satu kunci kesuksesan di masa depan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *